Basis Data Lokal pada Android dengan SQLite

Basis Data Lokal pada Android dengan SQLite

Sebuah aplikasi dalam menjalankan fungsinya pasti membutuhkan penyimpanan data. Dari skala yang paling kecil penyimpanan data pada variabel. Namun penyimpanan data dalam variabel hanya akan bertahan saat aplikasi masih berjalan. Ketika kita membutuhkan media penyimpanan data sederhana dan bersifat lokal pada aplikasi kita dapat menggunakan SQLite. SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil. Pada topik kali ini, kita akan membahas implementasi SQLite API pada aplikasi Android. Berikut adalah satu contoh aplikasi yang menerapkah konsep dari basis data SQLite melalui SQLite API yang diimplementasikan untuk mengelola data berita.

Aplikasi akan dibagi ke dalam 7 bagian sebagai berikut:

Video Bagian 1

Pada video bagian pertama kita akan membahas implementasi basis data SQLite pada aplikasi android. Basis data SQLite akan di implementasikan melalui API class SQLiteOpenHelper. Akan dibangun aplikasi Beritaku seperti pada materi sebelumnya, namun data berita pada aplikasi kali ini akan disimpan pada basis data lokal SQLite. Pada aplikasi ini, proses pengolahan data berita akan menggunakan bantuan obyek berita yang merupakan implementasi dari class berita.

Pada video bagian pertama ini, kita akan fokus pada implementasi dari SQLite API untuk mengelola data berita. Setelah menyelesaikan video ini, diharapkan kalian dapat mengimplentasikan basis data SQLite pada aplikasi android. Sangat disarankan untuk memiliki pemahaman tentang SQL dasar dan pengetahuan tentang SQLite.

Video Bagian 2

Pada video pemrograman android ke 7 bagian kedua ini kita akan menyiapkan beberapa activity dan class tambahan yang dibutuhkan dalam aplikasi Beritaku untuk menampilkan data dari basis data. Pada video bagian kedua ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian pertama.

Video Bagian 3

Pada video pemrograman android ke 7 bagian ketiga ini kita akan menambahkan beberapa data berita yang akan tertanam di program. Kemudian data tersebut akan kita tampilkan dalam list berita yang akan dapat kita pilih untuk ditampilkan pada Activity Tampil yang sudah kita siapkan pada video sebelumnya.

Untuk mendukung pembuatan aplikasi di video ini, silakan download file gambar untuk ilustrasi berita pada object berita pada link berikut ini: https://s.id/fx9YX. Dokumen berita yang digunakan sebagai contoh pada program di video ini dapat di akses pada link berikut ini: https://s.id/fuMYa.

Pada video bagian ketiga ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian pertama dan kedua. Jika belum mengerjakan ,silakan persiapkan program yang ada pada bagian sebelumnya.

Video Bagian 4

Pada video pemrograman android ke 7 bagian ke-4 ini kita akan menambahkan Activity untuk mengolah data Berita. Dimana kita bisa menambahkan, memperbaharui, dan menghapus data berita dari Activity tersebut. Activity akan dibuka melalui sistem menu yang akan ditambahkan juga pada video ini.

Pada video bagian ke-4 ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian 1-3. Jika belum mengerjakan ,silakan persiapkan program yang ada pada bagian sebelumnya.

Video Bagian 5

Pada video pemrograman android ke 7 bagian ke-5 ini kita akan melakukan persiapan untuk operasi CRUD. Operasi CRUD akan meliputi operasi penambahan, pemperbaharuan, dan penghapusan data berita. Berikut adalah link dari Github Arthur untuk Android Image Crop:

https://github.com/ArthurHub/Android-Image-Cropper

Pada video bagian ke-5 ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian 1-4. Jika belum mengerjakan ,silakan persiapkan program yang ada pada bagian sebelumnya.

Video Bagian 6

Pada video pemrograman android ke 7 bagian ke-6 ini kita akan mengimplementasikan operasi CRUD. Operasi CRUD akan meliputi operasi penambahan, pemperbaharuan, dan penghapusan data berita.

Pada video bagian ke-6 ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian 1-5. Jika belum mengerjakan ,silakan persiapkan program yang ada pada bagian sebelumnya.

Video Bagian 7

Pada video pemrograman android ke 7 bagian ke-7 ini kita akan mengimplementasikan class DatePickerDialog dan TimePickerDialog untuk mengambilan data tanggal dan waktu. Menu baru untuk membagikan berita juga ditambahkan.

Pada video bagian ke-7 ini, kita akan melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada bagian 1-6. Jika belum mengerjakan ,silakan persiapkan program yang ada pada bagian sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *