Press "Enter" to skip to content

Aplikasi Android dengan Web Services REST API Sederhana

Persiapan Server

Tahap ini dilakukan jika anda ingin menyiapkan server secara mandiri. Akan diperlukan beberapa penyesuaian untuk persiapan web server. Namun sangat saya sarankan untuk mempersiapkan server sendiri untuk proses belajar. Jika anda sudah paham tentang pembuatan web services silakan lanjutkan ke halaman berikutnya untuk menggunakan server saya.

Database Server

MySQL Database Server

Pada database contoh program kali ini, kita membutuhkan sebuah server basis data. Server basis data yang akan digunakan adalah MySQL, meskipun tidak harus menggunakan MySQL. Buatlah sebuah basis data dengan nama db_phone yang memiliki sebuah tabel dengan nama t_contact yang memiliki beberapa baris data dengan menggunakan querry berikut ini.

Sebelum melanjutkan ke persiapan web server silakan siapkan akun pengguna dari basis data yang dilengkapi dengan password untuk keamanan.

Web Server

Apache Web Server

Berdasarkan akun untuk mengakses basis data yang telah dipersiapkan silakan persiapkan sebuah file PHP untuk koneksi ke basis data dengan nama connection.php. Sesuaikan dengan username dan password yang telah dibuat.

JIka ingin menggunakan struktur directory yang sama dengan saya, buatlah sebuah folder dengan nama ws di root web server yang digunakan. Pagi pengguna XAMPP bisa diletakan dalam folder htdocs. Dalam folder ws buatlah sebuah folder dengan nama api dan simpan file connection.php di dalamnya. Folder api akan menjadi basis URL untuk akses web service API.

Web services API

Selanjutnya buat API untuk mengambil data dari tabel t_contact pada sebuah file dengan nama getdata.php dan disimpan juga pada folder api.

Selanjutnya buat API untuk mencari data dari tabel t_contact pada sebuah file dengan nama search.php dan disimpan juga pada folder api.

Selanjutnya buat API untuk menambahkan data pada tabel t_contact pada sebuah file dengan nama insert.php dan disimpan juga pada folder api.

Selanjutnya buat API untuk memperbaharui data pada tabel t_contact pada sebuah file dengan nama update.php dan disimpan juga pada folder api.

Selanjutnya buat API untuk menghapus data pada tabel t_contact pada sebuah file dengan nama delete.php dan disimpan juga pada folder api.

Data Gambar

Pada aplikasi ini, sebuah data contact akan memiliki ilustrasi gambar berdasarkan gender yang dipilih. Gambar akan disetiakan oleh web server pada folder images yang terletak dalam folder ws. Silakan akses link berikut untuk akses gambar ava_boy.png dan ava_girl.png untuk ilustrasi gambar dan simpan dalam folder images seperti pada gambar dibawah ini.

Persiapan data gambar

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9